Dorong UKM Melek Internet, Google Buat Program Gapura Digital

Google baru saja mengumumkan dimulainya program pelatihan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang diberi nama Gapura Digital. Program ini diharapkan dapat membantu pelaku UKM untuk memanfaatkan internet dalam menjalankan bisnisnya.

“Program ini tak lepas dari komitmen Google untuk mendukung program pemerintah Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital di Asia Tenggara,”  ujar Managing Director Google Indonesia Tony Keusgen saat peluncuran program Gapura Digital di Jakarta, Senin (15/5/2017).

Head of SMB Marketing Google Indonesia Fida Heyder menuturkan, program pelatihan semacam ini sebenarnya telah dilakukan sejak 2014. Namun untuk program tahun ini dilakukan perubahan karena program sebelumnya dikemas dalam bentuk seminar.

“Tahun ini, kami membuat program yang lebih mendalam dan dibagi dalam beberapa kelas sesuai kebutuhan peserta. Kelas tersebut mulai dari pelaku yang baru go online, pelaku yang sudah go online, dan ingin mengembangkannya, termasuk kelas khusus,” tuturnya.

Rencananya, program ini akan diadakan di 10 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Denpasar, Yogyakarta, Semarang, Malang, Makassar, dan Pontianak. Sebagai permulaan, program ini sudah dimulai di Jakarta, Bandung, dan Surabaya mulai Mei 2017.

“Program ini rencananya sudah dapat dijalankan di 10 kota tersebut hingga akhir tahun ini,” ujar Fida.

Pelatihan ini pun dipastikan bebas biaya. Pelaku UKM yang tertarik cukup mendaftarkan diri memilih jadwal dan kelas sesuai kebutuhannya.

Selain program Gapura Digital, Google juga menghadirkan layanan situs web gratis untuk pengguna Google Bisnisku. Kehadiran layanan ini tak lepas dari jumlah pelaku bisnis yang memiliki situsnya sendiri.

“Layanan ini pertama kali diluncurkan di Indonesia. Jadi, pelaku bisnis yang sudah terverifikasi di Google Bisnisku sudah dapat menggunakannya,” ujar Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang hadir dalam peluncuran program baru ini turut mengapresiasi langkah Google. Hal itu tak lepas dari posisi UMKM sebagai kelompok ekonomi yang dikenal paling stabil, termasuk saat terjadi gejolak ekonomi

“Karena itu, saya menantang Google untuk menghadirkan program serupa di wilayah lain, seperti Natuna saat proyek Palapa Ring sudah selesai,” ucap pria yang akrab disapa Chief RA tersebut.

Sumber: Liputan 6

Link pendaftaran Kelas (Medan): https://gapuradigital.withgoogle.com/workshops/medan

Gimana menurut Kawan WPM?